Simulasi Jaringan VLAN Sederhana Menggunakan Aplikasi Cisco Packet Tracer

Akibat dari tidak bisa tidur karena fikiran kemana -  mana malam itu akhrinya saya sampai nyasar berfikir ke seminar kerja praktek di kuliah, berhubung saya tidak membuat program jadi saya sempet bingung apa yang mau saya demoin pada saat seminar. karena judul laporan praktek saya tentang Virtual Local Area Network (VLAN) , akhirnya saya teringat ucapan kakak pembimbing pada saat KP yang menanyakan apakah saya pernah menggunakan aplikasi Cisco Packet Tracer dan saya jawab Iya. jadi saya berfikir pada saat seminar nanti saya akan membuat simulasi VLAN menggunakan aplikasi Cisco Packet Tracer tersebut. walaupun perangkatnya berbeda tetapi saya bisa mencontohkan bagaimana VLAN bekerja pada saat seminar nanti.


Oke , disini saya akan mencontohkan bagaimana cara Simulasi jaringan VLAN sederhana menggunakan Cisco Packet Tracer. Pertama buka aplikasi Packet tracernya terlebih dahulu.

Aplikasi Packet Tracer

Setelah anda buka, masukkan perangkat Switch, dan beberapa PC seperti gambar dibawah ini..

Perangkat Switch

  
Contoh Menggunakan 6 PC

Jika semua telah dilakukan, tinggal hubungkan semua perangkat menggunakan kabel Straight seperti gambar dibawah ini.

Menghubungkan Semua Perangkat

Disini semua perangkat sudah terhubung, jadi kita tinggal memberi IP pada PC tersebut dan Mengkonfigurasi VLAN di perangkat Switch. untuk memberi IP pada PC, cukup Klik 2x pada gambar PC tersebut dan pilih Tab Config. Di tab Config Anda pilih tab FastEthernet lihat gambar dibawah ini.

Memberi IP Pada PC0

Gambar diatas adalah contoh memberi IP pada PC0 , lakukan juga pada PC1,PC2 dan selanjutnya.

Setelah semua PC diberi IP masing - masing, nah sekarang anda akan melakukan configurasi VLAN. disini saya hanya  mencontohkan PC0 dan PC3 di vlan 999. sisanya dapat Anda lakukan dengan cara yang sama. untuk melakukan konfigurasi VLAN Anda Klik 2x pada gambar Switch dan pilih tab CLI. seperti gambar dibawah ini...

Command Line Interface perangkat switch

Ketikkan perintah seperti dibawah ini :

Switch>enable
Switch#configure terminal
Enter configuration commands, one per line.  End with CNTL/Z.
Switch(config)#vlan 999
Switch(config-vlan)#name PC0_PC3
Switch(config-vlan)#interface fastethernet 0/1
Switch(config-if)#switchport acces vlan 999
Switch(config-if)#interface fastethernet 0/4
Switch(config-if)#switchport acces vlan 999
Switch(config-if)#exit
Switch(config)#exit

Enable = Seperti Di OS linux jika kita ingin masuk Root
Configure Terminal = Untuk konfigurasi
Vlan 999 = membuat Vlan dengan Vlan Number 999
name PC0_PC3 = nama dari Vlan yang telah kita Buat
interface fastethernet 0/1 = memilih fastethernet0/1 (*slot/port yang diperangkat switch karena PC0 dipasang di 0/1)
switchport acces vlan 999 = fastethernet 0/1 itu acces di vlan 999
interface fastethernet 0/4 = sama seperti tadi karena PC3 di pasang di fastethernet 0/4

setelah semuanya dilakukan dapat kita lihat diperangkat switch Fastethernet 0/1 Acces 999 seperti gambar dibawah ini...
Setelah Konfigurasi Pada perangkat Switch

Oke sekarang kita akan melakukan proses PING ke IP pada PC3 yaitu ke 192.168.1.4 dan kita lakukan PING ke IP pada PC 1 yaitu ke 192.168.1.2

Klik 2x Pada PC0 dan pilih tab desktop, Command Prompt seperti gambar dibawah ini..

  

Lakukan PING Ke IP PC3 dan lakukan PING juga ke IP PC1, lihat perbedaannya seperti gambar dibawah ini.


Nah dapat kita lihat bahwa pada saat proses PING ke IP 192.168.1.4 yang merupakan IP dari PC3 berhasil tetapi pada saat PING ke IP 192.168.1.2 gagal. itu dikarenakan IP pada PC3 dan PC0 sama pada Vlan 999 sedangkan di PC1 tidak pada vlan 999.

Jadi dapat kita simpulkan bahwa walaupun dalam keadaan secara Fisik PC1,PC2,PC3,PC4,PC5, dan PC6 mereka satu jalur tetapi tidak akan terhubung jika ada konfigurasi VLAN pada jaringan tersebut.

Saya rasa cukup sampai disini dulu, semoga bermanfaat... :D


EmoticonEmoticon