Virtual Local Area Network Management DATIN pada PT. Telkom

VLAN(Virtual Local Area Network) ternyata merupakan pengembangan dari LAN. VLAN adalah suatu model jaringan mirip LAN namun tidak terbatas pada lokasi fisik. Oleh karena itu, jaringan ini dapat dikonfigurasi secara virtual tidak bergantung pada lokasi fisik peralatan. Penggunaan VLAN akan membuat pengaturan jaringan menjadi sangat fleksibel dimana dapat dibuat segmen yang bergantung pada organisasi atau departemen, tanpa bergantung pada lokasi workstation. Alat yang menjadi kunci utama sehingga jaringan dapat dikonfigurasi secara lojik adalah switched. (http://ghifar.wordpress.com/2008/06/11/vlan-virtual-local-area-network/).
Setelah membaca sigkat definisi dari VLAN , saya akan mencoba menjelaskan secara singkat dan mudah bagaimana cara kerja VLAN dari yang saya dapat di PT. Telkom. misalkan didalam sebuah jaringan disebuah Universitas yang terhubung dalam satu jaringan secara fisik, dan didalam Universitas itu mempunyai beberapa Fakultas contoh Fakultas Mipa, Ekonomi, Pertanian, Fisip dan Fkip. Jika tidak ada VLAN maka otomatis fakultas - fakultas tersebut terhubung secara fisik dengan terhubung secara fisik secara logic juga terhubung jadi Fakultas - fakultas tersebut bisa melihat data - data yang dishare di fakultas masing - masing , bisa mengakses server yang ada di salah satu fakultas. nah untuk mengatasi agar fakultas tersebut tidak bisa saling ganggu dibutuhkan sebuah jalur Private. untuk membuat jalur itulah dibutuhkan VLAN agar data - data tidak bercampur.

Disini saya contohkan konfigurasi VLAN management untuk PT. Telkom, VLAN management di PT. Telkom ini merupakan VLAN yang digunakan hanya untuk management modem ,agar modem pelanggan dapat di monitoring sampai ditempat pelanggan. mengapa harus ada VLAN management? yah, sebagai penyedia layanan harus ada monitoring dari jaringan yang disediakan jika terdapat gangguan ke pelanggan dapat dilihat dititik mana gangguan tersebut, apakah disisi perusahaan apakah disisi pelanggan.

Lanjut dari cerita sebelumnya saya sudah mencontohkan bagaimana memberikan IP untuk layanan DATIN tersebut sekarang saya akan menjelaskan cara mengaktifkan management modem nya.

Untuk mengaktifkan management di div. Infratel akan bekerjasama dengan div. access untuk melakukan management modem. div. access akan menghubungi div. infratel untuk simulasi modem yang telah dipasang kepelanggan. disini div. infratel akan meminta informasi tentang lokasi DSLAM , slot dan port berapa modem tersebut terpasang di perangkat DSLAM dan IP modem tersebut.

setelah mendapatkan informasi tersebut, div. infratel akan melihat IP DSLAM tersebut di NMS , untuk melihat IP tersebut cukup Klik Kanan di gambar DSLAM tersebut dan properties. jika sudah mendapatkan IP tersebut, maka div. infratel akan mengkonfigurasi VLAN management untuk modem tersebut. lihat gambar dibawah ini untuk contoh konfigurasi VLAN management.


setelah konfigurasi seperti gambar diatas dilakukan , maka modem pelanggan dapat dimonitor oleh PT. Telkom. ini contoh modem yang digunakan Bank BRI sudah bisa dimonitor di NMS Telkom.


dapat kita lihat pada gambar BRI disana sudah bewarna hijau yang berarti hidup, jika bewarna merah modem tersebut mati di sisi pelanggan. ini proses ping sukses ke modem pelanggan.


berarti kita telah berhasil mengaktifkan management modem kepelanggan, oya VLAN disini hanya untuk management modem jadi, walaupun perusahaannya berbeda VLAN management nya sama itu tidak menjadi masalah karena hanya untuk memanagement modem. nah jika untuk VLAN service maka setiap perusahaan harus berbeda kecuali perusahaan yang sama.

oya.. ini merupakan untuk layanan untuk Corporate Customer , hanya untuk perusahaan - perushaan besar yang mempunyai cabang di indonesia. oke saya kira udahan dulu ntar kalo sempet saya post cara aktifkan VLAN service untuk ke pelanggan.



EmoticonEmoticon