Pemberian IP Modem Untuk Layanan DATIN Telkom

Selamat Pagi/Siang/Sore/Malem.. udah cukup lama ga nulis, kemaren kondisi badan kurang fit . Sekarang udah mulai fit lagi soalnya pulang KP langsung tidur ketemu pagi.. ini w mau ngasih cara ngasih IP untuk modem layanan vpn ip atau layanan internet astinet. ini hasil tugas di div. infratel Telkom yang nantinya akan bekerja sama dengan div. Access.


Langsung aja w ceritain gambaran kasusnya.. disini anggep aja ada Perusahaan yang bernama SINARMAS ingin memasang layanan dataInternet. jadi temen - temen yang dari access yang bertugas untuk melakukan pemasangan jaringan DATIN tersebut. berhubung ini menggunakan modem jadi teman - teman dari team div. access yang bertugas akan meminta div.infratel memberi IP untuk modem tersebut. begini ceritannya...

kriingg...kriiinggg..kringggg... (telepon berbunyi di meja saya)...

Saya : Halloo..
div. access : haallo...
Saya : iya pak , ada yang bisa saya bantu?
div. access : ini pak saya ingin minta IP buat PT Sinarmas Palembang.
Saya : Oh gitu, Tunggu ya pak...
div. access : iya pak...

Setelah itu saya membuka aplikasi yang bernama NMS SNMPc Management Console untuk memberi IP modem tersebut..

pertama kita buka aplikasi tersebut , tampilan awalnya seperti ini..


masuk kelogin dan password , setelah itu baru kita akan kelokasi yang akan dipasang. Tadi di kota Palembang dan menggunakan Astinet Speedy jadi kita akan masuk ke Direktori Sumbagsel -Palembang - DSL SPEEDY 


Nah kira - kira gambarannya seperti gambar diatas, setelah itu kita akan melihat IP yang akan digunakan yaitu kita dapat melihat di direktori #last Used IP ..


Digambar diatas terlihat IP tersebut 172.20.233.114 itu IPnya udah w tambahin seharusnya tadi 172.20.233.113 kalo belum tinggal klik kanan digambar modemnya terus properties tambahin satu aja. itu digunakan untuk mengetahui IP yg terakhir digunakan saja.

lanjut sekarang kita lanjutin step berikutnya disini kita akan membuat gambar modemnya di NMS , agar nantinya modem tersebut dapat kita Manage tapi disini hanya memberikan IP aja dulu soalnya nunggu telepon berikutnya mungkin teman dari div. Access lagi membangun jaringannya ke Pelanggan.

oke lanjut kita akan membuat gambaran modem tersebut caranya mudah tinggal copy aja modem yang udah dibuat disana disini saya mengCopy  punya askes , yang bewarna hijau.


Trus Paste


Kalo udah , kamu tinggal tarik aja dirapihin tempatnya. abis itu pilih gambar modem tadi yang udah dipaste Klik Kiri , kalo udah dipilih klik kanan Properties. ganti nama dan IP nya , dan deskripsinya Hapus aja... selesai..

Saya : pak , udah IP nya 170.20.233.114
div. access : oke pak , terima kasih...
Saya :  sama - sama pak..

tut.tut.tut.tut...

Kira - kira begitulah gambaran untuk memberikan IP pada layanan speedy buat perusahaan (bukan yang rumahan yaa..) beda ~~ , oke nanti w post cara menjalankan management dan servicenya.. agar modem dapat dimanage dan layanannya bisa dijalankan .. :D

1 comments so far

salam kenal sy budi, saya mau nanya ni klau boleh, disetiap layanan telkom astinet pemberian ip selalu mengunakan ip publik dari telkom bukan ip privat. apa bisa ip publik yang diberikan diubah menjadi ip privat agar empermudah disetting router untuk akses keinternet, cz sy juga baru mengunakan modem astinet ni... mohon pencerahannya untuk setting dirouter...


EmoticonEmoticon