Membangun Aplikasi Sms Berbasis Web [Part 1]

Assalamualaikum Wr.wb.. Disini saya ingin berbagi sedikit cara pembuatan aplikasi SMS berbasis web. Sebelum kita memulai membuat aplikasi ini kita perlu menyiapkan sebuah handphone / mobile modem agar kartu sim kita bisa terhubung dengan PC. Kita juga perlu menyiapkan aplikasi xampp yang bisa Anda download secara gratis di sini http://www.apachefriends.org/en/xampp.html dan juga aplikasi gammu yang bisa anda download disini http://wammu.eu/download/gammu/ .jangan lupa kita harus menginstall dreamweaver / notepad ++ untuk membantu pekerjaan kita. jika semuanya sudah dipersiapkan mari kita memulai pelajaran kita.

Pertama - tama kita akan mencoba menginstall aplikasi web server (XAMPP) yang telah kita download tadi.

-klik dua kali pada aplikasi yang telah kita download tadi
-kita klik install , dan tunggu proses instalasi sampai selesai

ikuti saja perintah yang muncul disana jika sudah tutup saja jendelanya kita karena telah berhasil menginstall aplikasi xampp di PC kita..
Mudah bukan :) , langkah pertama sudah selesai mari kita lanjutkan langkah berikutnya..

Langkah selanjutnya kita akan menghubungkan Handphone / mobile modem kita ke PC. ada banyak tipe handphone / modem yang didukung oleh Gammu, anda bisa melihat di sini http://wammu.eu/phones
sebelum saya menjelaskan cara penggunaan gammu kita harus menginstall Driver Handphone / Modem yang akan kita gunakan terlebih dahulu disini saya menggunakan modem ZTE MF-627. setelah anda tancapkan USB modem kedalam komputer ataupun laptop secara otomatis komputer akan mengenali sebuah perangkat baru jangan lupa untuk memasukkan SIM Card kedalam modem kita.

jika jendela instalasi driver telah terbuka, maka silahkan lakukan instalasi program di windows seperti biasa. Kita tunggu sampai proses instalasi selesai, jika selesai maka akan tampil jendela instalasi berhasil dilakukan. klik tombol Finish. gambar dibawah ini merupakan user interface Mobile modem ZTE MF-627 :


instalasi driver sudah selesai , sekarang kita lanjut ke materi selanjutnya yaitu membaca port koneksi modem kita untuk kita koneksikan ke Gammunya.
sebelum kita melihat port kita buka dulu info koneksi modem di http://wammu.eu/phones/zte/

 

kemudian klik start - mycomputer "klik kanan" dan pilih "properties" , setelah itu pilih "hardware" dan klik pada "device manager".
kemudian pada jendela device manager pilih "Modem" cari yang nama "zte proprietary USB Modem" klik kanan kemudian pilih "properties".
pilih "modem" dan lihat Port kita pada contoh ini modem yang digunakan di Port "com14" dan pada maximum port speed ubah menjadi "19200" sesuai info yang kita dapat dari http://wammu.eu/phones/zte/ tadi..

oke sekarang kita akan memulai mengkonfigurasikan "Gammu" nya...
kita extract gammu yang telah kita download sebelumnya. setelah diextract kita masuk ke folder gammu tersebut dan masuk ke "share/doc/gammu/examples/config" , kita "COPY" file "Gammurc" dan "Smsdrc" ke dalam folder "E:\Gammu-1.30.0-Windows\bin" <- "contoh"

setelah kita copy kedua file tersebut kedalam folder bin , sekarang kita akan mengedit keduanya , pertama kita akan mengedit file "Gammurc" terlebih dahulu. disini saya menggunakan "Notepad ++" klik kanan pada "gammurc" dan pilih "edit with notepad++" kita ubah "DEVICE = com14" <- port yang kita dapat dari device manager tadi dan ubah "Connection = at19200" <- yang kita dapat dari link sebelumnya.

 

jika selesai simpan , kemudian kita akan mengidentifikasi modem kita apakah sudah terbaca oleh gammu.
buka "command prompt" dan masuk kelokasi gammu kita tadi seperti gammbar dibawah ini

 

ketik "gammu --identify" dan enter , jika tampil tulisan seperti gambar diatas maka step ini berhasil :D~~
lanjut ke step berikutnya yaitu mengedit file "smsdrc" nya. oh saya lupa sebelum mengedit file "smsdrc" nya kita harus mengimpor databasenya terlebih dahulu pertama kita jalankan aplikasi "XAMPP" nya , dan buka browser Anda...

buka "localhost/phpmyadmin" seperti gambar dibawah ini dan buat database baru. disini saya membuat database dengan nama "sms".
pada database sms kita buat kita klik tab "Import" - "Browse" lokasi file mysql ada di "Gammu-1.30.0-Windows\share\doc\gammu\examples\sql".
oke lanjut lagi buka folder bin dan edit file "smsdrc" nya menjadi seperti ini..

 

setelah diedit , simpan file tadi.. buka command prompt dan masuk ke direktori "E:\Gammu-1.30.0-Windows\bin" <- contoh disini.. dan ketikkan perintah "gammu-smsd -c smsdrc".
jika ada tulisan "gammu-smsd[2924]: mysql service is deprecated. Please use SQL service with correct driver." cuekin aja , karena penulis jg belum
mengetahui penyebabnya tapi setelah dicoba mengirim sms tetap bisa dilakukan buka "smsdlog" di folder "bin" didalam gammu kita untuk mengetahui apakah modem kita berjalan.

 

jika didalam file smsdlognya seperti gambar diatas maka modem kita telah terhubung dengan gammu dan siap untuk digunakan. sekarang kita akan melakukan test sms , buka browser anda dan ketikkan "localhost/phpmyadmin" jangan lupa jalankan service "apache dan mysqlnya".. masuk ke database "sms" yang telah kita buat sebelumnya klik pada tabel "outbox" dan klik pada tab "insert"

Destinationnumber adalah nomor tujuan..
textdecoded "isi pesan" kita...
dan klik "go" ada pada bagian bawah...

 

gambar diatas bahwa pesan kita sudah di insert ke outbox , tunggu beberapa detik/menit dan klik refresh page jika pesan tersebut sudah tidak ada lagi di outbox berarti sudah dikirim ketabel "sentitems" , klik tabel sentitems dan akan tampil seperti gambar dibawah ini..

 


jika status pengirimanya pada tabel sentitems = "sendingOK" berarti pesan kita berhasil dikirim...
seperti gambar dibawah ini

 

ok, selesai..
saya kira sampai sini dulu ya semua nanti akan saya lanjutkan kepart berikutnya..
Terima Kasih.. :)


EmoticonEmoticon