Berawal Dari Saudara

Kali ini saya ingin menceritakan Hoby baru ku. Ini berawal dari ku tinggal di sebuah kosan yang kebetulan pemiliknya adalah saudaraku sendiri. Karena dirumahnya banyak sekali "Burung Kicau" jadi membuat rumahnya sangat berantakan, jadi hampir semua burungnya di pindah kekosannya yang tidak jauh dari rumahnya. Berhubung saya disini adalah saudaranya jadi saya disini termasuk juga sebagai penjaga kosan disini, dan saya juga disuruh merawat sebagian burung-burungnya. Pertama si "males" , hahaha.. Tapi sudah terhitung sekitar 2 minggu dari waktu postingan ini saya menjadi "hoby" juga dengan Burung Kicau. Saya masih baru jadi pengetahuan saya masih Minim dalam hal ini...

saya membunyai Satu burung "Kacer" yang saya rawat Extra..
karena saya sangat menyayanginya, burungnya Bernama "Bima" berhubung burung ini masih dalam kondisi "Mabung" (Ganti Bulu) saya belum terlalu mengenal karakter burungku ini...


walaupun masih baru saya didunia burung , saya ingin berbagi cerita tentang cara merawat burung Kacer yang saya pelajari dari orang-orang yang sudah berpengalaman dan sedikit tentang cara saya melihat keadaan sehari-hari burung saya.

Oke, pertama saya belajar dari Sini Burung Kacer atau Magpie Robin yang populer di Indonesia saat ini ada 2 jenis yaitu :Burung kacer jawa nama ilmiahnya adalah Copsychus sechellarum sedangkan kacer poci adalah Copsychus saularis.

Saya tidak menjelaskan banyak anda bisa membaca langsung dari link saya beri itu, karena itu sudah lengkap. Merawat burung Kacer tidak terlalu sulit asal kita bisa mengerti mereka.

Kacer adalah burung yang bertipe Panas dan fighter, Jika anda mempunyai burung kacer lebih dari 1 maka jangan ditempatkan berdekatan. karena burung kacer ini fighter pasti ada salah satu dari burung tersebut akan "Takut" dan "Rusak" ..

Berikut ini pola perawatan harian dan setelan harian untuk burung kacer::

  • Jam 06.30 burung saya angin-anginkan di teras didepan kamar saya sekitar 1/2 jam saya mulai memandikannya Dikandang Mandi saya bisanya membiarkanya selama 15-20 menit, boleh juga disemprot tergantung kebiasaan.
  • Kandang burung harus rajin dibersihkan , maksimal 2 hari sekali dibersihkan. kalo saya setiap hari saya bersihkan ketika burung sedang mandi.
  • Ganti air minum burung sehari sekali diberi tetesan Bird Vit lebih bagus. untuk voer burung saya menggantinya 2 kali sehari, jadi jangan terlalu penuh ngisi Voer nya kan saya kalo harus banyak terbuang..
  • setelah itu jemur burung saya biasnya menjemurnya tidak teratur karena saya seorang mahasiswa jadi saya harus kekampus. kalo hari libur saya menjemurnya sampe jam 11.00 tapi jika anda ingin membuat burung anda lebih keras jemur sampe jam 01.00 (katanya siee, supaya suara burung lebih Keras).
  • pada saat penjemuran jangan lupa dikasih Jangkrik 3 ekor pada cepuk EF, tapi lihat reaksi burung jika anda memberi 3ekor jangkrik apakah dia berubah menjadi galak atau tidak. jika burung menjadi galak kurangi pemberian jangkrik pada burung.
  • Pada saat penjemuran sebaiknya jangan berikan air minum dulu dikandang burung.
  • setelah penjemuran , anda masukkan air minum kekandang burung , dan angin-anginkan lagi diteras. sekitar 10-30 menit.
  • setelah itu saya kerodong burung saya dan saya beri isian (masteran) untuk burung . untuk masteran burung kacer pertama saya memberikan . suara jangkrik selama 3 hari berturut-turut. dan diganti dengan suara burung lain seperti burung "cucak Jenggot". jika sudah lama sekali-kali putar lagi  suara jangkrik tersebut. supaya burung tidak lupa masteran yang telah kita berikan.
  • sekitar jam 15.30 saya angin-anginkan sampe jam 17.00
  • dan saya berikan jangkrik 3 ekor lagi pada cepuk EF.
  • setelah itu saya kerodong lagi. dan saya beri masteran sampe pagi..
  • begitu juga seterusnya..
Note : untuk pemberian Kroto pada burung kacer maksimal 2x dalam seminggu. karena kacer adalah burung bertipe panas dan fighter. kroto dapat membangkitkan birahi jiwa fighternya . sayang kalo burung harus fighter mulu..

Berikut ini pola perawatan kacer yang Mabung ::
  • Tempatkan burung di tempat yang sepi, jauh dari lalu lintas manusia. Sebaiknya burung lebih banyak dalam kondisi dikerodong.
  • Mandi cukup 1x seminggu saja dan jemur maksimal 30 menit/hari atau kalau untuk penanganan ekstrim burung mabung, bisa dilakukan perawatan ekstem mabung.
  • Jika Anda tidak menggunakan BirdVit atau BirdMineral, pemberian porsi EF diberikan lebih banyak karena sangat diperlukan untuk pembentukan sel-sel baru dan untuk pertumbuhan bulu baru. Misalnya: stelan jangkrik dibuat 5 ekor pagi dan 5 ekor sore.
  • Meski tidak menggunakan BirdVit dan/atau BirdMineral, pemberian multivitamin yang berkualitas yang dicampur di air minum 2x seminggu sangat perlu..
Saya masih mengikuti cara dari Omkicau.com , tapi tetap ingat jika burung menjadi "galak" kurangi jangkrik pada burung kacer tersebut..


Burung kacer Mbagong (kuda laut) , Nangkur (sebutan dilampung) :
setiap burung kacer pasti mbagong jadi kalian harus tau mengapa penyebab burung itu bisa mbagong dan anda bisa mencegahnya pada saat lomba..



anda bisa baca dari situs omkicau.com/kacer disana sudah lengkap.

okay saya kira itu dulu, saya belum begitu paham cara yang benar - benar pas. karena setiap orang yang merawat burung kacer beda - beda caranya , dan settingan pada saat lomba. jadi kalian harus pahami karakter burung anda.


salam kicau ...
cuit.cuit.cuit..ngak.ngak.ngak..tuing-tuig.mbung.mbung... Hahaha xD~~




Ga jelass...

1 comments so far


EmoticonEmoticon